Tuesday, May 22, 2018

JENIS HIU DENGAN BENTUK ANEH

1. Hiu Goblin
Image result for hiu goblin
adalah spesies hiu laut dalam langka yang kurang dipahami. Kadang-kadang disebut “fosil hidup”. Hewan berkulit merah muda ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong pipih yang memanjang, dan rahang yang sangat protrusible dan mengandung gigi seperti kuku yang dapat menonjol keluar.

2. Hiu Helicaprion
Image result for hiu helicoprion
Awalnya ketika pertama kali hiu ini ditemukan dilautan karbon, hiu ini dianggap sebagai hiu akibat mutasi. Helicaprion merupakan kerabat dekat dengan ikan hiu.
Para ilmuwan beranggapan bahwa gigi-gigi yang berbentuk seperti roda pada rahang bagian bawahnya dapat menghambat pergerakan dari hewan ini sendiri, karena jika hiu jenis ini berenang dengn kecepatan tinggi , maka akan mempengaruhi terhadap keseimbangan nya.
Oleh karena itu para ilmuawan menganggap bahwa helicaprion hanya memangsa hean-hewan kecil dan lunak. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa makanan favorit hiu ini adalah ammonites (sejenis kerang laut purbakala).

3. Hiu Martil
Image result for hiu martil
Bentuk kepalanya yang seperti martil menyebabkan mereka mampu berbelok dengan benar. Seperti semua hiu pada umumnya, hiu martil memiliki pori sensor electrolocation yang disebut ampullae of Lorenzini. Dengan menyebarkan reseptor di berbagai area, hiu martil dapat mencari mangsa dengan lebih efektif.
Hiu ini mampu mendeteksi sinyal listrik setengah miliar Volt. Dengan kepala yang berbentuk seperti martil juga memberikan keuntungan berupa area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi menemukan partikel di air sedikitnya 10 kali dibandingkan dengan hiu ‘klasik’ lainnya.

4. Hiu Gergaji
Image result for hiu gergaji
ini senang memangsa ikan-ikan berukuran sedang atau yang berbadan lebih kecil. Ukuran tubuh hiu gergaji sendiri lumayan besar, mampu mencapai 6,6 meter. Mulutnya yang diselimuti gerigi tajam yang cukup ampuh untuk melumpuhkan mangsanya hanya dengan sekali terkam.
Padahal menurut beberapa ahli, penglihatan mata ikan hiu gergaji tidak terlalu baik, bahkan lebih cenderung samar-samar atau buram. Mereka lebih mengandalkan daya penciumannya yang lumayan tajam untuk mencari mangsanya.

5. Hiu Frilled
 Image result for hiu frilled
atau yang juga disebut juga dengan Hiu berjumbai adalah hiu yang sangat jarang terlihat di permukaan air. Hiu ini terkenal karena bentuknya yang menyeramkan dan bentuk gigi mereka yang aneh. Memiliki tubuh berwarna cokelat gelap, mirip dengan belut dan memiliki jumbai pada bagian insangnya. Mereka ditemukan hingga kedalaman 1.570 meter, sedangkan diTeluk Suruga Negara Jepang, hiu ini paling umum berada pada kedalaman 50-200 meter.


No comments:

Post a Comment